MICROSOFT KAIZALA KAYA FITUR UNTUK KEGIATAN PJJ

Kaizala dari Microsoft Office 365 merupakan aplikasi perpesanan yang memiliki tampilan lembut dan nyaman dengan fitur pembelajaran jarak jauh.


Pandemi Covid-19 di negara kita masih berlangsung. Dan kegiatan Belajar dari Rumah masih harus kita jalani hingga waktu yang belum bisa kita tebak kapan akan berakhir. Kegiatan belajar harus tetap berjalan meski belum bisa tatap muka.

Banyak aplikasi ditawarkan untuk memudahkan kegiatan belajar jarak jauh. Mulai dari yang sederhana dan familiar hingga yang kaya fitur untuk pengelolaan kegiatan PJJ. Setidaknya ada 19 aplikasi dan website yang dapat kita akses dengan menggunakan kuota belajar kemdikbud.

Tidak bisa kita pungkiri lagi dari 19 aplikasi yang tercover kuota belajar kemdikbud, Whatsapp menempati urutan tertinggi penggunanya karena memang sudah tidak asing lagi dan familiar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fitur teks, audio dan video call. Bila simpel dan mudah penggunaanya menjadi kriteria memang Whatsapp pilihannya.

Bagaimana jika ada aplikasi yang juga simpel dan mudah penggunaannya namun kaya akan fitur yang kita perlukan untuk PJJ ? Memang ada? Tentu saja ada.

Kaizala dari Microsoft Office 365 for Education merupakan aplikasi perpesanan tak beda jauh dengan Whatsapp. Memiliki tampilan lembut dan nyaman dengan fitur-fitur yang dapat kita manfaatkan untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh.

  

Kaizala dapat langsung kita download melalui Google Play Store di smartphone kita. Bahkan siapapun dapat menggunakannya meski tidak memiliki akun Office 365. Untuk registrasi cukup menggunakan nomor HP kita, sama seperti WA. Sehingga siswapun tidak akan kesulitan untuk melakukan registrasi awal.

  

Fitur apa saja yang membedakan Kaizala dengan aplikasi perpesanan yang lain, WA, Telegram, Line....? Kita tidak akan tahu jika kita tidak mencobanya. 

Berikut beberapa fitur yang ada di Kaizala :
  1. Fitur chat sudah pasti ada, dimana kita bisa mengirim pesan, gambar, file, audio, video, dan kontak. Sama seperti fitur aplikasi perpesanan lainnya.
  2. Fitur Audio call untuk melakukan panggilan suara.
  3. Fitur Video Call untuk melakukan panggilan video. Sampai di fitur ketiga ini belum membedakan Kaizala dengan aplikasi yang lainnya.
  4. Fitur chat with me, yaitu chat dengan diri sendiri misalnya untuk membuat konsep pesan, menyimpan informasi penting, atau menyiapkan soal latihan sebelum di share di group. Fitur ini berfungsi sebagai buku catatan kita.
  5. Fitur Kehadiran sebagai absen harian yang akan mencatat jam datang, lokasi absen.
  6. Fitur Minta Kehadiran, sebagai absen dalam satu kegiatan saja. Fitur ini juga akan mencatat jam datang, lokasi dan jika diperlukan dilengkapi dengan foto.
  7. Fitur Pelatihan dapat kita gunakan untuk membuat soal-soal latihan pilihan ganda yang dapat langsung kita kunci jawabannya. Siswa langsung mengerjakan dari smartphonenya dan hasilnya dapat kita lihat langsung.
  8. Fitur survey dapat kita gunakan untuk membuat survey sederhana baik berupa pilihan maupun survey terbuka dengan jawaban bebas. Fitur ini dapat kita manfaatkan untuk membuat soal essay dan siswa dapat langsung menuliskan jawabannya di sana.
  9. Fitur polling, sesuai namanya fitur ini berfungsi untuk membuat polling misalnya pemilihan ketua kelas.
  10. Fitur Q&A (Question and Answer) dapat kita manfaatkan untuk diskusi dengan topik tertentu di group kelas agar hasil diskusi tidak tertumpuk dengan chat siswa.
  11. Fitur pengumuman, sesuai namanya maka fitur ini berguna untuk membuat pengumuman penting di group kelas.
  12. Fitur minta bantuan dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan, cara kerjanya sama dengan fitur Q&A, siswa dapat mengajukan pertanyaan dan dijawab siswa lain namun tidak tercampur dengan chat lain.
  13. Mari Bertemu, fitur ini berfungsi sebagai undangan untuk menghadiri suatu kegiatan.
  14. Kuis, kita juga dapat membuat kuis-kuis menarik untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa.
  15. Kudos, dalam kegiatan pembelajaran kita perlu memberi motivasi dan semangat kepada siswa. Jika dalam tatap muka kita dapat memberikan acungan jempol untuk siswa, di Kaizala kita dapat memanfaatkan Kudos untuk memberi semangat kepada siswa.
  16. Daftar periksa, berguna untuk membuat daftar tugas bersama dan memberi tanda jika tugas sudah dilaksanakan.
  17. Bagikan Lokasi, untuk membagikan lokasi kita kepada orang lain.
  18. Foto dengan lokasi, sama dengan fitur sebelumnya hanya saja fitur ini disertakan foto lokasi saat ini.
  19. Fitur tugas, untuk membagikan tugas kepada anggota group dan melacak status penyelesaiannya.
  20. Game, bila pelajaran sudah selesai siswa dapat memainkan game bersama teman yang lain. Game yang tersedia antara lain : Chess (Catur), Tic Tac Toe, Tetris, Tambola, BrainVita dan 2048 Tournament.
Tertarik untuk mencobanya ?

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget