MEMANFAATKAN MICROSOFT EDUCATION SEBAGAI ALTERNATIF PJJ

Microsoft Office 365 for Education memberikan lisensi gratis khusus untuk sekolah. Gratis lisensinya, gratis aksesnya dengan kuota belajar kemdikbud

Kemdikbud sudah menggelontorkan bantuan kuota internet untuk dosen, mahasiswa, guru dan siswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19. Bantuan kuota internet tersebut terdiri dari 5 GB kuota utama dan sisanya dengan jumlah berbeda-beda untuk tiap jenjang yang jauh lebih besar dari kuota utama untuk mengakses aplikasi dan website yang masuk daftar bebas akses dalam kuota belajar kemdikbud.

Dari 19 aplikasi dan website yang terdaftar dalam kuota belajar kemdikbud tentu belum semua kita manfaatkan, atau bahkan masih bingung untuk memanfaatkannya. Terutama untuk kegiatan PJJ di tingkat sekolah dasar dimana perangkat yang dimiliki siswa belum secanggih perangkat yang dimiliki oleh mahasiswa. Begitu juga pengoperasiannya untuk siswa SD tentu harus dipilihkan aplikasi yang mudah untuk mereka kuasai.

Selain itu dari 19 aplikasi yang terdaftar dalam kuota belajar kemdikbud tidak sepenuhnya gratis, sebagian merupakan aplikasi berbayar dan diberikan gratis aksesnya saja. Pada akhirnya Whatsapp-lah sebagai pemenang aplikasi gratis yang tercover dalam kuota belajar kemdikbud yang lebih banyak peminatnya.

Lewat tulisan ini, saya ingin berbagi dengan teman-teman guru semua, untuk memanfaatkan aplikasi dan website gratis yang juga masuk dalam daftar kuota belajar kemdikbud yaitu Microsoft Education. Selain gratis aksesnya dengan kuota belajar kemdikbud, Microsoft Office 365 for Education juga gratis tanpa komitmen untuk sekolah. Bagaimana langkah-langkahnya ?


Untuk bisa menikmati semua fitur gratis dari Microsoft Office 365 for Education, maka kita harus memiliki akun Office 365. Bagaimana cara mendapatkannya? Bagi sekolah yang memiliki website sekolah dengan domain sch.id maka dapat langsung mendaftarkan di situs resmi https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office Cara pendaftarannya sangat mudah dan tidak rumit.

Setelah pendaftaran sukses maka kita dapat membuat setidaknya 5000 akun untuk guru dan 5000 akun untuk siswa. Setelah memiliki akun office 365, layanan apa yang dapat kita manfaatkan untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh ? Cobalah untuk login ke akun Office 365 kita dan buka daftar aplikasi atau fitur yang dapat kita coba. Perhatikan tampilannya berikut ini :
Fitur mana saja yang dapat kita manfaatkan untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh ? Dari sekian banyak fitur yang ditawarkan semua dapat kita pelajari dan kita manfaatkan. Beberapa fitur yang dapat kita manfaatkan dan mudah penggunaannya adalah :

1. KAIZALA
Kaizala merupakan aplikasi perpesanan seluser mirip Whatsapp. Selain fungsinya sebagai media perpesanan baik text, audio maupun video call, aplikasi ini juga akan kaya fitur untuk kegiatan PJJ seperti Absen, Pelatihan, Polling, Question & Answer, Kudos, Game Education dan masih banyak lagi.


Sama seperti Whatsapp seluluer, Kaizala juga tersedia dalam Kaizala Web untuk kita akses melalui PC atau laptop. Selain itu fitur Portal Kaizala di akun Office 365 juga memudahkan kita untuk memantau kegiatan di Kaizala.

Untuk kegiatan PJJ maka guru dan siswa harus menginstall Kaizala yang dapat didownload dari Google Play Store. Sepertinya halnya WA, di Kaizala kita bisa membuat group, group broadcast dan fitur chat with me sebagai tempat untuk menyimpan informasi penting, membuat pelatihan sebelum di share di group dan lain sebagainya.

2. FORM OFFICE
Form Office tak beda jauh dengan google Formulir. Dengan Form Office kita juga dapat memanfaatkannya untuk membuat Soal Ulangan Harian dengan pengaturan waktu mulai dan waktu akhir. Fitur yang dimiliki tak beda jauh dengan Google Formulir. Kelebihannya, Office Form dapat menerima teks berparagraf.


3. SWAY
Sway merupakan fitur untuk presentasi yang dapat kita manfaatkan untuk menampilkan materi kita dengan tampilan yang lebih menarik dan tidak membosankan.



4. TEAMS
Teams merupakan fitur untuk tatap muka secara online seperti halnya Zoom atau Meet dari Google yang dilengkapi dengan fitur chat, berbagi file. Teams juga tersedia versi seluler yang dapat didownload dari Google Play Store.



5. YAMMER
Yammer bisa dikatakan sebagai Facebook mini untuk menghubungan dengan semua anggota dalam satu organisasi. Lengkap dengan fitur mengirim kabar berita, pertanyaan atau polling layaknya facebook dan tombol like, comment dan share. Selain dapat diakses melalui laptop Yammer juga dapat diakses melalui smartphone dan tersedia aplikasinya di Play Store.


6. EXCEL, WORD DAN POWER POINT
Aplikasi yang ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir semua laptop terinstall aplikasi tersebut. Microsoft Office 365 for Education juga memberikan layanan secara online untuk Excel, Word dan Power Point yang selalu update.

Sebenarnya masih banyak fitur Office 365 yang dapat kita manfaatkan. Mungkin lain waktu kita kupas lagi fitur-fitur Microsoft Office 365 for Education yang dapat kita nikmati untuk kita manfaatkan.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget