LIGHTSHOT, Aplikasi Screenshot Gratis Yang Memudahkan Tugas Guru


Kegiatan guru dalam mempersiapkan bahan pembelajaran pasti tidak lepas dari kegiatan menempelkan gambar atau ilustrasi yang diperlukan untuk menunjang materi. Begitu juga saat menyiapkan soal baik online maupun offline, sebagian soal memerlukan gambar pendukung soal.

Coba kita tengok ke lapangan, beberapa kegiatan berikut ini pasti pernah teman-teman temui.
  • Sering saya lihat ada teman guru yang memfotocopy gambar dari buku paket atau sumber yang lain kemudian mengguntingnya dan menempelkan dengan lem pada soal yang telah di printout baru kemudian memperbanyak soal dengan memfotocopy.
  • Guru yang memiliki akses internet akan mencari gambar yang cocok di internet, mendownloadnya dan menempelkan langsung pada materi yang sedang di persiapkan.
  • Guru yang lebih maju memanfaatkan scaner untuk memindai gambar, diedit kemudian menempelkan langsung pada soal yang sedang diketiknya.
  • Yang lebih maju lagi memanfaatkan buku sumber yang sebagian berupa file pdf yang dapat dibuka di komputer. Mereka memanfaatkan tombol PRTSC (print screen) yang ada di papan keyboardnya kemudian mem-paste-nya di aplikasi Paint sekaligus mengedit dan menyimpan file gambar dalam format yang diinginkan. Baru dari file gambar yang sudah diedit memasukkan ke dalam soal yang sedang diketiknya.
  • Guru yang tidak mau ribet dan ingin memangkas waktu edit akan memanfaatkan aplikasi screenshot dan mencopy gambar langsung menempelnya pada soal yang sedang diketiknya.
Kita masuk yang mana ? 

Ada banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat tangkapan layar komputer kita. Salah satu yang menurut saya paling simpel adalah Lightshot. Cara penggunaannya cukup mudah tinggal tekan tombol PRTSC dan langsung mengambil dan mengedit tangkapan layar saat itu juga.

Sebenarnya sudah banyak yang tahu tentang aplikasi Lightshot ini. Namun lebih banyak lagi yang belum tahu apa itu Lightshot. Masih sering teman-teman guru saat ingin meminta penjelasan tentang suatu masalah di laptopnya menggunakan tangkapan kamera ponsel yang kadang hasilnya buram dan malah menyulitkan.

Jika ada cara paling mudah kenapa harus ribet. Menggunakan aplikasi kecil Lightshot dapat dengan mudah mengambil gambar tangkapan layar sesuai keinginan kita. Sesuai dengan mottonya "The fastest way to take a customizable screenshot".

Kelebihan aplikasi ini antara lain :
1. Tangkapan layar cepat dari area yang dipilih
Aplikasi kami memungkinkan kita untuk memilih area mana saja di desktop dan mengambil tangkapan layarnya dengan 2 klik tombol.

2. Aplikasi yang mudah digunakan
Antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif membuat pekerjaan dengan aplikasi lebih mudah dan lebih cepat.

3. Bagikan tangkapan layar melalui Internet
Unggah tangkapan layar ke server dan dapatkan tautan singkatnya segera.

4. Editor yang tangguh
Kita dapat mengedit tangkapan layar secara instan saat mengambil atau menggunakan editor daring lainnya.

5. Pencarian gambar serupa
Temukan gambar serupa. Pilih gambar apa saja di layar dan temukan lusinan gambar serupa.

6. Berbagai Platform
Lightshot tersedia untuk Windows / Mac, Chrome, Firefox, IE & Opera.

Berikut ini tampilan screenshot menggunakan Lighshot.


Setelah kita memilih area yang akan kita ambil, akan muncul tombol di sisi kanan bawah yang dapat kita gunakan untuk edit instan antara lain :
1. Pen, untuk memberi tanda dengan coretan tangan bebas
2. Line, memberi garis
3. Arrow, memberi tanda panah
4. Rectangale, membuat kotak
5. Marker, menandai transparan (seperti di stabilo gitu...)
6. Text, menambahkan tulisan
7. Warna, memilih warna
8. Undo, untuk membatalkan pengeditan

Sedang bagian bawah muncul tombol :
1. Upload to prntscr.com
2. Share to social media (bisa langsung share ke Twiter, Facebook, VK dan Pinterest)
3. Search Similar Image on Google (mencari gambar serupa di Googgle)
4. Print langsung melalui printer kita
5. Copy, mengcopy gambar dan langsung dapat di paste ke lembar kerja kita, mempaste di percakapan WA, Facebook Mesenger, Telegram, dan lain-lain.
6. Save, untuk menyimpan gambar dalam bentuk file JPG, PNG atau BMP
7. Close untuk menutup atau mengakhiri.

Mudah bukan ? Bagi yang ingin mencoba dapat mendownload langsung dari situs resminya https://app.prntscr.com/en/. Setelah sukses didownload dapat langsung menginstallnya.

Untuk menggunakannya kita cukup dengan menekan tombol PRTSC yang ada di keyboard komputer kita. Pada beberapa laptop dengan OS lama jika tidak ada respon dari tombol PRTSC dapat menggunakan opsi dengan cara klik aplikasi yang berjalan (biasanya di kanan bawah layar) dan temukan icon Lightshot berwarna ungu, klik iconnya maka aplikasi akan bekerja.


Demikian coretan hari ini semoga bisa memberikan manfaat.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget