3

Pemetaan Mutu Pendidikan merupakan proses terkait kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Komite, Orang Tua / Wali Murid dan Pengawas pembina satuan pendidikan yang bersangkutan. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah disediakan dan selanjutnya direkam dan dikirim melalui aplikasi PMP yang terintegrasi dengan Dapodik.

Kegiatan perekaman inilah yang seringkali terasa berat jika harus dikerjakan hanya oleh OPS. Apalagi jika tidak di tunjang dengan perangkat yang memadai, mengingat Aplikasi PMP yang saat ini masih terasa berat atau cukup lemot untuk Laptop dengan spesifikasi rendah. Selain itu kurangnya sosialisasi juga menyebabkan masih banyak sekolah yang belum mulai mengerjakan meski deadline sudah semakin dekat.

Salah satu solusinya adalah mengerjakan rekam data secara bersama-sama. OPS dapat mengajak rekan-rekan guru untuk membawa laptopnya ke sekolah dan mengerjakan secara berjamaah. Dengan settingan tertentu, Laptop OPS yang sudah terinstall dapodik dan PMP bisa difungsikan sebagai mini server yang dapat diakses dari komputer lain.

Kabar gembiranya, settingan yang ribet tersebut sekarang sudah disederhanakan melalui aplikasi kecil yang di install pada smartphone berbasis Android. Aplikasi ciptaan teman OPS dari Nganjuk ini benar-benar dapat membantu kita dalam mengerjakan PMP secara berjamaah.

Ingin mencobanya ???? Siapkan dulu bahan dan alat yang diperlukan.

BAHAN DAN ALAT :
1. Laptop yang sudah terinstall Dapodik dan PMP
2. Smartphone merk apa saja yang berbasis Android
3. Aplikasi PMP Share yang dapat di download dari Playstore


3. Beberapa laptop lain untuk mengerjakan PMP secara berjamaah

LANGKAH-LANGKAH :
1. Install PMP Share pada smartphone hingga selesai.
2. Nyalakan Laptop yang sudah terinstall Dapodik dan PMP dan jalankan Aplikasi PMP
3. Jalankan Aplikasi PMP Share pada smartphone dengan tekan tombol MULAI maka aplikasi akan melakukan scanning.


4. Koneksikan laptop yang sudah terinstall PMP dengan wifi PMP Share yang muncul di daftar wifi.


5. Apabila aplikasi PMP Share sudah menemukan alamat link PMP, maka laptop lain dapat dikoneksikan melalui wifi PMP Share
6. Selanjutnya buka browser di laptop lain dan ketik alamat link PMP yang muncul di layar smartphone.


7. Halaman login PMP akan muncul dan teman-teman guru lain dapat login dengan akun masing-masing untuk mengisi kuesionernya.
8. Selanjutnya, silakan kerjakan PMP secara berjamaah dan dijamin lebih cepat selesai daripada dikerjakan sendiri saja.

Akhirnya, selamat lembur PMP.... jangan lupa bahagia

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top