0
Seringkali bantuin teman OPS install ulang Windows, seringkali juga, lupa bagaimana cara masuk settingan BIOS-nya. Untuk melakukan install ulang Windows maka kita harus menentukan dari drive mana laptop akan melakukan booting pertamanya menyesuaikan master Windows yang kita miliki berupa DVD, FD atau yang lainnya, sehingga kita harus melakukan setting BIOS. Kadang sampai satu jam cuma utak-atik biar masuk ke BIOS, hehehehe..... Jadi harus googling cara masuknya.

Biar tidak lupa lagi dan mudah mencarinya mending di simpan di sini aja, siapa tahu ada teman lain yang membutuhkan. Karena beda merk laptop atau komputer beda cara masuk setting BIOS-nya.

Berikut ini cara masuk BIOS beberapa merk laptop yang pernah mampir ke kamar saya :

1. SAMSUNG

Untuk laptop Samsung sesaat setelah kita tekan tombol Power untuk menyalakan, segera tekan tombol F2 hingga masuk ke menu setting BIOS-nya.

2. HP (HEWLETT PACKARD)
Cara masuk BIOS laptop HP, setelah tombol kita tekan untuk menyalakan, segera tekan tombol F10 hingga masuk menu setting BIOS-nya.

3. COMPAQ
Pada HP Compaq cara masuk BIOSnya sama dengan cara masuk BIOS pada laptop HP yaitu dengan menekan F10. Selain itu pada laptop Compaq jika hanya untuk memilih opsi booting saja tanpa merubah settingan lain pada BIOS kita cukup menekatn F9, maka kita akan di suguhi menu opsi booting sesuai yang kita inginkan

4. ACER

Laptop merk ACER cukup banyak penggunanya, terbukti teman-teman OPS di sekitar saya banyak menggunakan merek ACER ini. Cara Masuk BIOS pada laptop Acer cukup mudah, karena saat booting biasanya akan muncul sesaat di layar sebelah kiri bawah sebelum masuk windows. Jedanya hanya sebentar, jadi setelah menekan tombol power segera tekan F2 untuk masuk BIOS, kalau kita kalah cepat maka laptop akan otomatis booting lewat OS yang sudah terinstall sebelumnya.

5. LENOVO

Untuk laptop Lenovo cara masuk BIOS-nya agak beda dengan merk lain.... pernah dibuat stress utak-atik hampir sesorean, sedangkan si pemiliknya minta cepat....
Untuk laptop Lenovo cara masuk BIOS-nya, sesaat setelah menekan tombol power untuk menyalakan, segera tekan tombol FN (jangan di lepas) sementara jari yang lainnya menekan tombol F2 berulang-ulang sampai masuk ke menu setting BIOS-nya.

6. AXIOO

Beda merk beda cara masukknya meski tombol masuknya sama yaitu tombol F2. Bedanya, untuk masuk BIOS Axioo saat kita menyalakan laptop Axioo pastikan kita sudah menekan tombol F2 tanpa melepasnya sebelum menekan tombol power, tunggu hingga muncul logo Axioo dan lanjutkan dengan tekan F2 berkali-kali hingga masuk ke setting BIOS-nya.

7. TOSHIBA
TOSHIBA juga merk yang banyak di pakai teman-teman OPS untuk mengerjakan pendataan. Meski Toshiba setiap kali meluncurkan produknya model-modelnya itu-itu aja hehehe...
Untuk masuk setting BIOS laptop Toshiba, sesaat setelah menekan tombol power, segera menekan tombol F2 berulang-ulang hingga masuk settingan BIOS.
Beberapa versi dari Toshiba menggunakan Tombol F1 untuk masuk BIOSnya, namun keluaran terbaru lebih banyak menggunakan tombol F2 sebagai pintu masuk BIOS.

8. DELL
Cara masuk settingan BIOS pada laptop Dell sama dengan cara masuk pada Toshiba yaitu dengan menekan tombol F2 sesaat setelah kita menyalakan laptop

9. ZYREX

Laptop Zyrex yang pernah mampir ke kamar saya kebetulan BIOS-nya menggunakan AMI (American Megatrends Inc). Jadi untuk masuk menu setting BIOS kita harus menekan tombol DEL (Delete) setelah kita menyalakan laptop.

10. ASUS

Pada laptop Asus untuk masuk pengaturan BIOS kita harus menekan tombol F2 dan menahannya, baru menekan tombol power. Setelah ada indikasi bahwa laptop sudah menyala, lepaskan tombol F2, maka kita akan masuk ke pengaturan BIOS laptop Asus.


Demikian catatan saya tentang cara masuk BIOS 10 merk laptop yang sering kita temui. Masih ada beberapa merk lain yang belum ada di sini, silakan ditambahkan koleksinya.

Dan biasanya setelah kita berhasil masuk BIOS, maka akan muncul masalah baru yaitu bagaimana setting BIOS agar bisa booting dari Flasdisk, karena kebanyakan dari kita lebih suka menggunakan FD sebagai media booting saat install ulang windows. Beda merk beda juga cara settingnya.

Insha allah, semoga ada waktu untuk merangkumnya.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top