0

Pacitan adalah sebuah kota kecil yang memiliki banyak pantai indah di sepanjang sisi laut selatan. Salah satu pantai tersembunyi yang masih alami adalah Pantai Buyutan. Terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. Terletak tak jauh dari Pantai Klayar dan Pantai Banyutibo.

Jalur termudah menuju Pantai Buyutan adalah melalui jalur ke Goa Gong. Pantai ini bisa ditempuh dengan motor/mobil (tidak ada kendaraan umum) dari Kota Pacitan sejauh 44 km. Lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar yang lebih terkenal itu, sekitar 4 km ke arah barat kita akan bertemu dengan perempatan Desa Kalak, lalu ada petunjuk arah sederhana menuju Buyutan.



Yang menarik dari Pantai ini adalah pasir putihnya yang indah dan bersih serta birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai. Pantai buyutan mempunyai ciri khas batu-batu karang yang beraneka bentuk, ada yg berbentuk mirip perahu, dan yang paling khas berbentuk seperti mahkota dewa.

Konon menurut mitos yang diceritakan oleh penduduk setempat, batu ini dulunya merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan itu. Watu narada menjadi daya tarik utama Pantai Buyutan, yang bentuknya adalah batuan karang mirip tokoh pewayangan Batara Narada (baca: Narodo). Berdasarkan sejarahnya, pantai Buyutan terbentuk karena pengangkatan aktif di sepanjang pantai yang menghasilkan morfologi undak pantai setinggi puluhan meter.

Di bibir pantai terdapat area yg cukup luas untuk mendirikan tenda juga tersedia sumber air tawar kecil yang bisa digunakan untuk kebutuhan memasak, minum, mandi, berbilas setelah bermain air laut. Di sekitar tebing-tebing di belakang kawasan pantai ini merupakan habitat yang dihuni kawanan monyet. Tidak terlalu mengganggu sebenarnya karena mereka pada dasarnya takut dengan manusia, tapi tidak ada salahnya untuk waspada terutama terhadap barang-barang bawaan kita.



sumber : www.pacitanku.com, www.ratjoen.in

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top