7
Sesuai dengan amanat Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam pasal 60 ayat (1) akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan; ayat (2) akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik; ayat (3) akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.

Selanjutnya, dalam PP 19 Tahun 2005 Pasal 87, ayat (1) Akreditasi oleh Pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 86 ayat (1) dilaksanakan oleh BAN-S/M terhadap program dan/atau satuan pendidikan jalur formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah; ayat (2) dalam melaksanakan akreditasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), BAN-S/M dibantu oleh badan akreditasi provinsi yang dibentuk oleh Gubernur; ayat (3) badan akreditasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri; ayat (4) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya badan akreditasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bersifat mandiri.

Instrumen Akreditasi sekolah/madrasah ini terdiri atas delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan instrumen juga disusun dengan mengacu pada peraturan terkait lainnya.

Standar nasional pendidikan tersebut meliputi:
(1). standar isi,
(2). standar proses,
(3). standar kompetensi lulusan,
(4). standar pendidik dan tenaga kependidikan,
(5). standar sarana dan prasarana,
(6). standar pengelolaan,
(7). standar pembiayaan, dan
(8). standar penilaian pendidikan.

Sedangkan Perangkat Akreditasi SD/MI terdiri atas:
(1) Instrumen Akreditasi,
2) Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi,
(3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi,
(4) Pedoman Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi.

Keempat dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir pernyataan instrumen sekolah/madrasah, kita harus mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi.

Silakan download Perangkat Akreditasi dalam format doc (Miscrosoft Word) dari link di bawah ini.

DOWNLOAD DARI SINI :
1. Perangkat Akreditasi SD/MI 2017 (Doc)
2. Perangkat Akreditasi SMP/MTs 2017 (Doc)

Post a Comment

  1. gimana cara downloadnya gan? dah di coba tapi gak bisa.

    ReplyDelete
  2. cara donwnload nya gimana coba kasih link yg lain min

    ReplyDelete
  3. terima kasih banyak buat admin yg sudah upload, sudah bisa tinggal ngisi saja

    ReplyDelete
  4. Mas Kurniawan bisa!! Caranya bagaimana ya...

    ReplyDelete
  5. Maaf mengganggu, sekolah saya akan diakjreditasi dan saya membutuhkan instrumen akreditasi. Mohon bantuan ibu di mana saya dapat mendownload instrumen akreditasi dalam format excel> Terima kasih.

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top