5

Semester dua Tahun Pelajaran 2017/2018 terasa pendek sekali. Kegiatan demi kegiatan rutin akhir semester dua di kelas akhir satu persatu telah selesai. Bapak Ibu Guru Kelas enam mungkin saat ini masih sibuk mengolah nilai siswanya untuk mengisi raport semester dua dan mempersiapkan nilai Ijazahnya.

Beruntung sekali, saat ini untuk mengolah nilai raport kita dapat memanfaatkan aplikasi sederhana untuk mengolah nilai raport siswa. Salah satunya adalah Aplikasi Pengolahan Nilai Kurikulum KTSP yang dapat di download dari SINI.

Usai mengolah nilai raport, saatnya kita mempersiapkan diri untuk mengolah nilai ijazah. Untuk membantu pengolahan ijazah dapat menggunakan Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah yang akan saya share di sini.

Aplikasi ini dibuat sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 016/H/EP/2018 tanggal 5 Maret 2018 tentang Bentuk, Spesifikasi dan Pengisian Blanko Ijazah Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Terbit lebih awal di banding tahun lalu yang terbit pada bulan April 2017.

Aplikasi sederhana ini bisa digunakan pada Sekolah Dasar yang menerapkan Kurikulum 2006 maupun Kurikulum 2013 dengan 3 Mapel Muatan Lokal. Aplikasi ini cukup simpel dan mudah untuk di pahami.

Apa yang dapat kita temukan di Aplikasi Sederhana ini ? Tak banyak kok, diantaranya adalah :

  1. Dapat digunakan untuk Sekolah Dasar Kurikulum 2006 maupun 2013
  2. Dapat menampung pengolahan nilai 50 siswa.
  3. Support dengan 3 Mata Pelajaran Muatan Lokal
  4. Dilengkapi dengan Rekap Nilai Akhir (buat ngecek posisi siswa di ranking berapa... hehehe )
  5. Dilengkapi dengan cetak SKHUS lengkap dan SKHUS 3 Mapel USBN
  6. Dilengkapi dengan cetak SKKB (beberapa sekolah untuk pendaftarn siswa baru mensyaratkan SKKB dari sekolah)
  7. Dilengkapi dengan cetak pengumuman KELULUSAN
  8. Bagian-bagian yang berkaitan dengan Identitas Sekolah dapat di edit dengan leluasa

Penulisan Ijazah Tahun 2018 tidak banyak bedanya dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya pada penulisan nilai rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang 0 - 100 (tanpa desimal).

Akhirnya, semoga aplikasi ini dapat memberikan manfaaatnya.


Post a Comment

  1. Terima kasih atas postingan. Sangat berkualitas dan bermanfaat. Izin download. Apa bisa minta password untuk unprotect sheet nya? Klo, mohon dikirim ke hpontomudis@gmail.com. Sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat lainnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga di http://mapraport-ijazah-agenda.com/

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas buah Ilmu yang telah Ibu persembahkan unruk Dunia pendidikan Indonesia, semoga menjadi Amal Bakti Ibu dan mendapat Balasan dari Alloh SWT dengan balasan yang berlipat ganda, Aamiin ya Robbal alamin

    ReplyDelete
  4. Bagaimana cara mendowloadnya karena link dowload tidak ditemukan, apa bisa aplikasinya dikirim ke email saya "saean65@gmail.com" Trima kasih atas postingannya

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top