0
Menemukan catatan kecil di medsos, sayang sekali kalau tidak diarsipkan. Petuah bagi mereka yang sedang belajar. Belajar di sekolah, belajar di rumah, di lingkungan atau dimana saja.

Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi kita. Banyak cara untuk mendapatkan ilmu, melalui sekolah, majelis ilmu, kepada guru ngaji, dan sebagainya. Namun, untuk mendapatkan ilmu ada syarat yang harus dipenuhi. Segala sesuatu yang ingin kita dapatkan harus kita tunaikan syaratnya. Tak ada yang tak bersyarat.

Yang tekait dengan ilmu, apa syarat atau rukunnya?

Ala, lan tanalal ‘ilma illa bissitatin, sa’umbika an tafshiliha bibayani: dzaka’in, wa hirshin, washtibarin, wabulghatin, wa irsyadi ustadzin, wa thuli zamani.
(Ingatlah, ada 6 syarat untuk memperoleh kecerdasan, semangat, sabar, dan ongkos (biaya), bimbingan guru, dan dalam tempo waktu yang lama.)

Syarat pertama, Niat, tekad, dan kemauan harus ada untuk menumbuhkan motivasi. Tapi motivasi tu tidaklah cukup. Kita butuh syarat kedua, kecerdasan. Kecerdasan itu terberi (given), tapi bisa kita asah. Yakinlah bahwa Allah memberikan yang terbaik bagi setiap kita, meskipun kecerdasan kita berbeda-beda. Misalnya, ada kecerdasan di sebelah sini yang lebih dominan dan kecerdasan sana yang kurang dominan. Namun, Allah tidak menciptakan segala sesuatu yang sia-sia.

Syarat ketiga, harus sabar. Sabar bermakna mengikuti prosedur. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui. Meskipun perlu suatu terobosan, tapi terobosan itu tetap saja menjadi bagian dari prosedur yang mesti dpenuhi syarat-syaratnya.

Syarat keempat, modal. Bisasanya terkait modal finansial. Bukan berarti harus dimiliki sendiri, urusan ilmu itu bisa jadi bukan tanggung jawab pribadi saja melainkan juga masyarakat dan pemerintah. Maka seharusnya semua ikut memberikan kontribusi.

Yang tidak kalah penting, syarat kelima, harus ada petunjuk dari guru atau pendidik, meskipun kita bisa menambah ilmu secara otodidak belajar bersama guru pasti lebih baik. Syarat keenam, menuntut ilmu, mempelajari sesuatu butuh waktu. Tidak ada ceritanya menuntut imu secara cepat dan kilat.

Insya Allah, bila kita memenuhi enam syarat ini, kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

(Dikutip dar buku “Menyemai Kreator Peradaban”)

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top