4

Dalam pengelolaan BOS, sekolah harus menyusun pembukuan secara lengkap sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan dan ketentuan peraturan perundang-undangan tentang penatausahaan dan pertanggungjawaban lembaga pengelola keuangan. Salah satu yang harus di kerjakan di awal tahun anggaran adalah penyusunan RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah).

RKAS ditandatangani oleh kepala sekolah, Komite Sekolah, dan ketua yayasan (khusus untuk sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat), dan dibuat 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran, tetapi perlu dilakukan revisi pada semester kedua. Oleh karena itu sekolah dapat membuat RKAS tahunan yang dirinci tiap semester. RKAS harus dilengkapi dengan rencana penggunaan dana secara rinci, yang dibuat tahunan dan triwulan untuk setiap sumber dana yang diterima sekolah.

Dalam pembuatan RKAS, kita bisa menggunakan Aplikasi ALPEKA yang selalu diperbarui sesuai dengan Juknis BOS yang berlaku. Begitu pula dengan terbitnya Permendikbud No 008 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah, ALPEKA juga memperbarui aplikasinya.

ALPEKA BOS adalah aplikasi praktis yang diperuntukkan bagi Bendahara BOS untuk memudahkan dalam melakukan pembukan dana Bantuan Operasional Sekolah. Senantiasa di update sesuai dengan juknis yang berlaku.

Sesuai Juknis BOS 2017, ALPEKA sudah memuat sebelas komponen Pembiayaan BOS pada SD/SDLB dan SMP/SMPLB sesuai Juknis BOS tahun 2017 adalah sebagai berikut :
1. Pengembangan Perpustakaan
2. Penerimaan Peserta Didik Baru
3. Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler
4. Kegiatan Evaluasi Pembelajaran
5. Pengelolaan Sekolah
6. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan, serta Pengembangan Manajemen Sekolah
7. Langganan Daya dan Jasa
8. Pemeliharaan dan Perawatan Sarana dan Prasarana Sekolah
9. Pembayaran Honor
10. Pembelian/Perawatan Alat Multi Media Pembelajaran
11. Biaya Lainnya

Post a Comment

  1. Alpekanya masih ada bug, tolong diperbaiki ya. Setiap habis klik selalu minta pengulangan dari awal

    ReplyDelete
  2. gimana sih cara downloadnya...kok ndak bisa ya...

    ReplyDelete
  3. Pertanyaan saya sama seperti Alpekanya masih ada bug, tolong diperbaiki ya. Setiap habis klik selalu minta pengulangan dari awal.

    ReplyDelete
  4. gimana cara downloadnya
    kok saya coba belum bisa

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top