7

Selamat sore, sahabat guru dan operator semuanya...
Pemberlakuan Kurikulum 2013 di jenjang pendidikan dasar memang belum berlaku untuk semua sekolah. Bagi sekolah yang saat ini sudah menggunakan Kurikulum 2013 tentu saja pengolahan nilai siswa berbeda dengan sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 2006 (Kurikulum KTSP).

Sesuai dengan Surat Edaran dari Kemendikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 3683/D2/TU/2016 Tanggal : 15 Desember 2016, maka pengolahan nilai bagi sekolah yang memberlakukan kurikulum 2013 menggunakan panduan penilaian edisi Revisi 2016. Buku panduan Revisi menggantikan Panduan Penilaian yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada Desember 2015.

Panduan Penilaian Edisi Revisi ini mengakomodasi beberapa hal, antara lain:
  1. Perkembangan kebijakan dalam bidang pendidikan, khususnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menegah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian;
  2. Hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah pelaksana; dan
  3. Masukan dari berbagai pihak dalam proses revisi dan uji coba dokumen Panduan Penilaian.
Format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi ini tidak berubah dari edisi sebelumnya: format rapor tetap sama dengan format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Desember 2015.

Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan proses penilaian mulai semester genap tahun ajaran 2016/2017.

Untuk membantu teman-teman dalam pengolahan nilai siswa dengan Kurikulum 2013, maka aplikasi sederhana dengan format excel ini diharapkan dapat membantu. Silakan di tes dulu, dan sampaikan kepada kami jika menemukan error dalam aplikasi.

Ada yang mau nge-tes, silakan download dari link yang tersedia.

LINK DOWNLOAD 

Post a Comment

  1. cara ganti gambar SDnya gmn kan diprotect tuh?

    ReplyDelete
  2. giman cara download aplikasinya....???

    ReplyDelete
  3. Aslm admin..terimakasih, aplikasinya sangat bermanfaat,,, mau nanya,, minta posword aplikasinya...

    ReplyDelete
  4. boleh minta pasword unprotec ga ya?

    ReplyDelete
  5. boleh minta password unprotect sheet nya gak?

    ReplyDelete
  6. tanya buk, tanggal lahir siswa tdk keluar, jenis kelamin perempuan semua.pada saat cetak identitas, gmn solusinya buk nur

    ReplyDelete
  7. bisa minta passwordnya gan?makasi

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top