0
Liburan.... sesuatu yang selalu dinantikan. Kita bisa melupakan sejenak rutinitas harian kita yang melelahkan pikiran kita.

Liburan kemana ???? Tidak sedikit yang menghabiskan liburan dengan melakukan perjalanan ke luar kota dengan kendaraan. Pasti sangat menyenangkan bisa menikmati pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Tapi... akan menjadi sedikit petaka bagi mereka yang jarang melalukan perjalanan jauh (seperti saya hehehehe...). Sulit sekali menikmati perjalanan jika sepanjang perjalanan tiba-tiba merasa tidak nyaman, pusing, mual dan pengen muntah.

Adakah teman-teman yang mengalami seperti saya?? Jika ada mungkin teman-teman perlu membaca tips perjalanan jauh yang saya rangkum dari pengalaman saya sendiri. Point utama yang harus kita ciptakan agar perjalanan menyenangkan adalah rasa nyaman selama dalam perjalanan termasuk di dalamnya rasa nyaman di hati dan pikiran.

Sebelum melakukan perjalanan lakukan hal-hal berikut ini :
  1. Ciptakan rasa nyaman dan berpikiran positif bahwa perjalanan pasti akan menyenangkan.
  2. Bawalah perlengkapan mandi dan baju ganti secukupnya saja.
  3. Gunakan pakaian yang nyaman, misalnya celana kain dan hindari celana jeans yang ketat yang tidak nyaman. Siapkan juga jaket meski pada akhirnya tidak di pakai.
  4. Begitu juga dengan alas kaki, pilihlah alas kaki yang nyaman (kalau perjalanan jauh malah enak pakai sandal jepit hehe.... simpan sandal modisnya di tas)
  5. Bawalah perlengkapan ibadah dalam tas kecil yang mudah dibawa kemana-mana.
  6. Bawalah minuman kesukaanmu meski pada akhirnya tidak di minum (saya selalu bawa P*cary S*eet dalam botol tanggung setiap perjalanan)
  7. Menyediakan perment rasa mint dalam bentuk padat juga bagus untuk mengusir rasa tidak nyaman.
  8. Carilah posisi tempat duduk yang nyaman (mungkin dekat jendela hehehe...)
  9. Jika punya bakat mabuk minumlah obat anti mabuk yang cocok untuk kita satu jam sebelum berangkat.
  10. Yang tidak boleh sampai lupa, bawalah bantal perjalanan untuk menopang kepala kita.
  11. Selama perjalanan jauhkan ponsel, karena memeriksa ponsel dalam perjalanan bagi yang punya bakat mabuk justru akan membuat kepala semakin tidak karuan.
  12. Efek obat anti mabuk mungkin adalah rasa kantuk, selama rasa kantuk belum datang, usahakan posisi duduk yang nyaman.
  13. Tips terakhir, Point terpenting dan utama adalah selalu berdoa dalam berharap kepada Allah agar perjalanan lancar selalu dalam lindungannya.
Point nomor 10, bantal perjalanan yang bentuknya yang melingkar di leher kita sehingga akan mempertahankan posisi kepala ketika kendaraan mengalami goncangan-goncangan selama perjalanan. Justru goncangan itulah menurut saya yang memicu rasa tidak nyaman yang kemudian menjalar ke perut menimbulkan rasa mual dan naik ke kepala memberikan rasa pusing.Jadi siapkan sebelum berangkat.

Nah, itu tadi tip perjalanan bagi yang punya bakat "pusing perjalanan" seperti saya. Selamat menikmati liburan...

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top