0
Pendidikan bukan hanya merupakan pilar terpenting dalam upaya mencerdaskan bangsa, tetapi juga merupakan syarat mutlak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Untuk dapat melaksanakan proses pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, maka di diperlukan guru yang profesional sebagai kunci untuk melaksanakan pendidikan yang berkualitas di sekolah.

Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan suatu mekanisme untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan adanya pengakuan dan mendorong tumbuhnya kinerja yang baik, mengidentifikasi area untuk pengembangan, dan peningkatan kinerja guru secara keseluruhan
Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah Proses penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatan (Permennegpan & RB No.16/2009) dan peningkatan mutu pendidikan. Dilakukan setiap tahun di sekolah oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau pengawas untuk menilai kepala sekolah (telah memahami proses PK GURU.

Penilaian kinerja guru dilakukan 2 kali dalam setahun (formatif dan sumatif) menggunakan instrumen yang didasarkan kepada:
- 14 kompetensi  bagi guru kelas dan/atau mata pelejaran
- 7 kompetensi  bagi guru BK/konselor
- pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah (Kepsek, Wakasek, dsb)

Untuk memudahkan dalam mengarsipkan kegiatan PKG berikut ini kami bagikan aplikasi sederhana Instrumen Penilaian Kinerja Guru Kelas dan Mata Pelajaran yang meliputi 14 Kompetensi yang terdiri dari :
- Pedagogi ( 7 kompetensi )
- Kepribadian ( 3 Kompetensi)
- Sosial ( 2 Kompetensi )
- Profesional (2 Kompetensi )

Aplikasi sederhana ini berbasis Excel yang sudah familiar bagi kita. Silakan bagi yang ingin mencoba bisa mendownload dari link yang tersedia. Tak ada gading yang tak retak, tiada karya yang tanpa cacat celanya. Silakan jika menemukan kekurangan atau error untuk memberitahu kami.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top