0

JAKARTA – Ongkos Naik Haji (ONH) tahun ini turun setelah pemerintah melakukan berbagai efisiensi. Usai rapat koordinasi, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menjelaskan, jika dihitung menggunakan kurs dolar sekarang dengan Rp13.400 per dolar, maka biaya haji tahun ini lebih murah USD 132 dibanding pada 2015 lalu.

“Sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah dengan DPR maka ditetapkan bahwa biaya haji 2016 ini adalah Rp34.641.304 kalau di-kurs-kan dengan dolar sebesar Rp13.400, adalah USD 2.585. Sudah ada penurunan sebesar USD 132,” jelas Puan di kantornya, Jakarta, Rabu 18 Mei 2016.

Di tempat yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin menjelaskan, penurunan biaya haji 2016 ini bisa dilakukan karena adanya efisiensi di berbagai pos. “Misalnya biaya pemondokan di Mekkah yang tahun lalu itu rata-rata per orang 4.500 Saudi Real, tahun ini alhamdulillah tahun ini bisa kita tekan menjadi 4366 Real.”

Selain itu, pemerintah juga melakukan efisiensi pada pos anggaran darurat. Sebab, anggaran untuk 2015 lalu dinilai terlalu besar.

“Tahun lalu dialokasikan Rp100 miliar, tahun ini karena semua relatif sudah kita prediksikan, semakin kita perkecil antisipasi munculnya kondisi darurat ini, maka cukup kita alokasikan Rp40 miliar,” jelas Lukman.

Walau biaya ibadah tahun ini lebih murah, Lukman mengaku tidak akan menurunkan kualitas pelayanan haji 2016.  “Misalnya pengadaan makanan di Mekkah, yang tahun lalu hanya sekali sehari, tahun ini 2 kali sehari,” kata dia.

Begitu juga dengan kualitas akomodasi lainnya. Semua fasilitas yang bagus akan dipertahankan. “Lalu akomodasi di Mekkah, Madinah, hotel berbintang 3, bus-bus yang di-upgrade itu kita pertahankan kualitasnya yang memang sudah baik,” kata Lukman.

sumber : kemendagri.go.id

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top