0

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Peningkatan Prestasi Belajar Matematika
Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

ABSTRAK

Permasalahan pendidikan siswa selalu muncul bersamaan dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan siswa serta situasi dan kondisi lingkungan yang ada. Cara pendekatan konvensional sudah dianggap tidak efektif serta menimbulkan kejenuhan di dalam kelas. Model pembelajaran tradisional yang bertumpu pada keaktifan guru melalui ceramah, pembelajaran seperti ini menjadikan suasana belajar di kelas membosankan dan kurang bermakna pada siswa, siswa kurang memahami materi pembelajaran, sehingga ketuntasan hasil belajar tidak dapat tercapai secara maksimal.

Oleh karenanya guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan sarana termudah untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelola pembelajaran. Alternatif tindakan yang dilakukan ialah menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, serta membantu siswa memahami materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama.

Pembelajaran berbasis masalah sebagai suatu pendekatan pembelajaran dengan membuat konfrontasi kepada siswa dengan masalah-masalah praktis, berbentuk ill-structured, atau open ended melalui stimulus dalam belajar yang melibatkan siswa dalam penyelidikan dalam pemecahan masalah yang memadukan ketrampilan dan konsep dari berbagai kandungan area. Pendekatan pembelajaran diawali dengan pemberian masalah kepada siswa di mana masalah tersebut dialami atau merupakan pengalaman sehari-hari siswa. 

Selanjutnya siswa menyelesaikan masalah tersebut untuk menemukan pengetahuan baru. Pembelajaran berbasis masalah menyajikan kepada siswa suatu situasi masalah yang autentik dan bermakna serta memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri.

Kata kunci :
Peningkatan prestasi belajar Matematika, pembelajaran berbasis masalah.


Selengkapnya silakan DOWNLOAD DARI SINI

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top