3
Selamat sore, teman-teman OPS dimanapun berada...

Excel merupakan aplikasi familiar bagi OPS. Dengan excel kita dapat melakukan pekerjaan yang berhubungan dangan hitung menghitung lebih cepat dan mudah.

Selain itu dengan excel kita dapat mengembangkan untuk membuat aplikasi untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Banyak fungsi excel yang membantu pekerjaan kita.

Adakalanya kita memerlukan fungsi excel untuk menterjemahkan angka ke dalam bentuk tulisan dalam bahasa Indonesia. Namun fungsi ini belum ada dari bawaan asli excel, sehingga kita harus menambahkan fungsi add-in agar excel dapat menterjemahkan secara otomatis.

Beruntung ada master-master excel yang bersedia membuat dan membagikan secara gratis kepada kita untuk kita gunakan. Fungsi tersebut lebih di kenal sebagai fungsi TERBILANG.

Banyak fungsi terbilang dengan mudah kita dapatkan dari internet dengan segala kelebihannya masing-masing yang dapat kita tambahkan ke dalam aplikasi excel di laptop kita.

Kali ini saya ingin share aplikasi terbilang yang saya pakai yang mungkin bisa bermanfaat bagi teman-teman. Cara menginstallnya cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Download fungsi TERBILANG dari SINI
  2. Buatlah Folder di C dengan nama FUNGSI EXCEL
    (sebenarnya bisa di letakkan di mana saja, tapi seya lebih suka meletakkan di folder di C untuk memudahkan pencarian saja).
  3. Masukkan fungsi terbilang yang sudah di download ke dalam folder yang telah kita buat di C.
  4. Buka aplikasi Excel dan buka menu OPTION-nya. (Lihat gambar di atas)
  5. Klik menu ADD-INS dan pilih GO.
  6. Selanjutnya akan menu menu ADD-INS, pilih BROWSE dan cari fungsi terbilang yang terletak d dalam folder di C yang telah kita buat tadi.
  7. Setelah kita browse, maka fungsi terbilang akan muncul di kotak sebelah kiri, klik untuk memberi centang dan klik OK.
  8. Fungsi terbilang sudah terinstall di excel kita.

CARA MENGGUNAKAN
Untuk menggunakan fungsi terbilang sangatlah mudah. Silakan simak contoh di bawah ini. Sebagai contoh, saya input data di B2. Kita ingin agar di C2 dengan fungsi terbilang akan di dapat hasil dalam bentuk huruf dalam bahasa indonesia. Cukup dengan menggunakan fungsi terbilang di C2. (Lebih jelasnya lihat gambar)
Fungsi Terbilang
Hasil Fungsi Terbilang
Akhirnya, semoga tulisan sederhana bisa memberikan manfaat bagi teman-teman.

Keep spirit, be yours !!!

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top