7
Deni Ranoptri, seorang guru kelas di SDN Nawinhilir Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, namun lebih dikenal sebagai Operator Sekolah berhasil mengusung Piala Penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan 2015. Kemenangan Deni Ranoptri adalah kemenangan OPS, bukti bahwa rasa kebersamaan dan solidaritas OPS tidak diragukan lagi. Dari sekian yang ikut menjagokan http://gurusd.net sebagai nominator sebagian besar adalah OPS dan guru yang merangkap OPS.

Bagaimana kisah seorang Operator Sekolah dari pelosok Tabalong ini bisa sampai ke Jakarta ? Berangkat dari kegiatan pendataan Dapodik sebagai Operator Sekolah yang menuntut ketrampilan IT lebih dari yang lain. Banyak yang tidak tdahu bahwa tugas seorang Operator Sekolah tidaklah mudah. Pada awal diluncurkannya Aplikasi Pendataan Dapodik banyak masalah yang harus segera di selesaikan oleh seorang Operator yang tidak di ketahui oleh PTK lain (mungkin juga mereka tidak ingin tahu sich…). Beruntung OPS secara umum memiliki rasa kebersamaan dan solidaritas yang tinggi. Meski ikhlas berbagi sesame OPS demi validnya data.

Dari permasalahan yang muncul sekitar pendataan tersebut seorang Deni Ranoptri berusaha menginventarisasi masalahnya dan di arsipkan dalam bentuk blog. Sehingga bias di lihat kapan saja dan dimana saja serta oleh siapa saja.
Dengan kegigihannya, untuk menepis anggapan bahwa Guru SD banyak yang gaptek, sisa waktu dinasnya dihabiskan untuk mempelajari blog dan melahirkan blog http://kkgjaro.blogspot.com. Meski apa yang dia lakukan di blog tidak mendapat tanggapan dan lebih banyak di cuekin, tidaklah membuat seorang Deni Ranoptri berhenti berkarya.

Berbekal rasa solidaritas sesama OPS untuk saling berbagi, Deni Ranoptri mencoba menginventarisir setiap solusi pendataan dan menuangkan di blog agar bisa di pelajari OPS lain. Dan justru konten itulah yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh OPS lain. Sehingga nama Deni Ranoptri yang lebih di kenal sebagai Deni Demian Renovtri di FB mendapat tempat di hati OPS.

Saat Kemendikbud membuat pengumuman tentang adanya Penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan 2015, justru teman-teman OPS yang ngotot agar Deni Ranoptri ikut mendaftarkan diri. Dan akhirnya karena desakan teman-teman OPS (yang kebanyakan belum pernah bertemu, hanya berteman di FB), Deni Ranoptri meski kurang percaya diri ikut mendaftarkan blog gurusd.net untuk ikut serta dalam kegiatan itu. Dan karena dukungan OPS seluruh Indonesia, akhirnya membawa Deni Ranoptri ke Jakarta, 11 Desember 2015 untuk menerima penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan 2015 dari kategori individu blogger.

Saat Mendiknas Anies Baswedan  bertanya, bagaimana Deno Ranoptri belajar hingga sampai di sini? Deni menjawab, “Saya Operator Sekolah yang menuntut saya untuk bekerja secara online, walau tak pernah di gaji yang sesuai, dan saya tidak sendiri, masih banyak jutaan kawan lain di negeri ini yang senasib. Saya hanya mencoba berbagi dan menuangkan tulisan di blog, berharap rekan OPS dapat mempelajari kapanpun dan di manapun.”

Semoga apa yang disampaikan akan menjadi catatan Pak Menteri, bahwa di negeri ini ada yang namanya OPERATOR SEKOLAH, pahlawan pendataan.

Dan akhir dari tulisan ini adalah, JANGAN PERNAH MENYERAH, balaslah ejekan orang lain dengan karya nyata. Dan lewat tulisan ini pula, Deni Ranoptri ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Operator Sekolah yang telah mendukung penuh dan membawanya ke Jakarta meraih Penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan 2015.

Tetap semangat, kawan-kawan OPS
Jangan berhenti berkarya !!!

Post a Comment

  1. Selamat dan Sukses yah Buat Kang Deni, semoga tetap tambah semangat dan tetap mau berbagi khususnya dalam bidang Pendidikan dengan segenap Pendidik yang ada di Indonesia ... Aamiin... :)

    ReplyDelete
  2. jadi penasaran ingin ketemu dengan Pak Deni, ingin belajar langsung dengan beliau,.Buat Pak Deni semoga selalu diberi kesehatan,dan semoga apa yg telah diperbuatnya menjadi ladang pahala amal jariah buat pak Deni.. Amin 3X

    ReplyDelete
  3. saya sbg administrator sekolah yng jug OPS kenal dengn om deni jug dari blog kkg jaro. yng saya tahu memang om deni orng sangat ulet dan tekun bahkan sedikit banyak memberi sebuah inspirasi bagi kelompok operator/adminskul di wilayah saya, sukses om deni semoga kami bisa menyusulmu dan atas nama kelompok operator sekolah wilayah utara kabupaten malang dan tentunya secara pribadi mengucapkan selamat dan terimakasih yang tak terhingga.

    ReplyDelete
  4. Deni Demian Renovtri itu nama putra kami, Deni adalh pribadi yang konyol lucu, tiap hari bahkan kerjanya bercanda...maslh pndataan dia sndiri pernah drop. sewaktu bantu-bantu ops, ada oknum dinas yang bilng dia iilegal karena gak pernah di tatar atau di diklat, perlahan ia mulai kmbali berkat smngtnya dari kawan2 FB nya..itulah dia..walau dia sndiri sbelumnya bukan barang baru dalam prestasi sebelum jadi guru, namun tetap dia suka berteman tak pernh crita dia pernah juara apa saja...namun tetap dia OPS begitu bangganya dengan OPS yang kadang smua tutup mata, dan kali ini dia sudah buka kan mata siapa itu OPS terutama didaerahnya..salam..

    ReplyDelete
  5. inspiratif.... good jobs, bu. Tulisan bu Nur memberi Motivasi bagi kita ops2 dan pendidik yang masih berjuang seperti kita.... Walau, honor tak dapat diandalkan, tapi dengan kerja keras dan keikhlasan, semua akan mendapat imbalan yang sesuai.... Smoga akan banyak lahir ops2 dan pengajar seperti bu Nur n om Deni.... Hidup OPS.... hhe hhe....

    ReplyDelete
  6. semoga menjadi contoh untuk rekan rekan lain dan tetap semangat dalam berinovasi. untuk pemilik web ini, terus berbagi juga. sukses buat pak Deni Ranoptri.

    ReplyDelete
  7. terima kasih untuk kunjungannya teman-teman...

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top