0
Saat kita harus melampirkan file ketika mengirim email atau hendak berbagi dengan teman, seringkali file yang besar sulit untuk di upload. 

Begitu juga ketika harus mengirim file sekaligus. Karena itu diperlukan sebuah utility yang mampu mengkompres ukuran file menjadi lebih kecil dan sekaligus menggabungkan beberapa file menjadi satu file saja, sehingga lebih mudah untuk dibagikan.

Banyak utility yang dapat kita pilih yang dapat melakukan tugas ini. Salah satu utility yang dapat melakukannya adalah Winrar, utility kecil yang wajib di pasang di setiap laptop untuk membantu kegiatan pengolahan file kita.

Berikut ini beberapa kemampuan winrar yang patut kita ketahui :
  1. Menggabungkan/packing beberapa file dalam satu folder menjadi 1 file, sehingga lebih mudah dalam pengiriman data, misalnya sebagai lampiran dalam email.
  2. Mengkompres file besar menjadi lebih kecil sehingga lebih cepat di kirim, file yang kecil juga dapat menghemat kapasitas storage kita.
  3. Fitur pasword yang disertakan dalam aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk menjamin privasi dan keamanan file yang hendak dikirim sehingga melindungi file dari pihak yang tidak diinginkan.
  4. Memecah/mengekstrak paket file. Untuk dapat menggunakan file yang terdapat di dalamnya maka kita harus mengekstraknya menjadi file asalnya.
  5. Memotong file/split file yang ukurannya besar, misalnya untuk file movie. Sehingga lebih mudah untuk dibagikan.
  6. Meningkatkan proteksi terhadap serangan virus. File dengan extensi rar dan zip lebih sulit di serang virus.
Salah satu kelebihan Winrar lainnya adalah utility ini dapat kita gunakan secara gratis dan cuma-cuma tanpa harus registrasi. Kita dapat mendownload versi terbarunya dari situs resminya. Silakan berkunjung ke http://www.rarlab.com/

Demikian sedikit ulasan tentang Winrar, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top