3
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah nomor yang bersifat unik (tunggal) yang diberikan secara Random kepada peserta didik oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP) kemdikbud. Demikian pentingnya NISN sehingga NISN perlu dikelola dengan baik agar data peserta didik selalu terjaga validitasnya. Salah satu sistem pengelolaan data peserta didik yang telah dibangun PDSP adalah Sistem Verifikasi dan Validasi Peserta Didik yang dipublikasikan di situs : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/home

Melalui proses vervalpd maka akan didapat NISN yang valid yang selanjutnya akan di push langsung ke dalam aplikasi Dapodik melalui proses sinkronisasi.

Kali ini kami ingin berbagi dengan teman-teman sebuah aplikasi kecil untuk Cetak NISN yang berbasis data Dapodik. Jadi data siswa tidak perlu di input manual tapi mengambil langsung dari progress pengiriman Dapodik. Sehingga kevalidan NISN tidak diragukan lagi, karena merupakan hasil PUSH PDSP ke Aplikasi Dapodik.

Kelebihan Aplikasi ini adalah di lengkapi QRCode yang sudah mulai populer di gunakan di Indonesia. QRCode ini dapat dibaca menggunakan aplikasi Barcode Scaner yang dapat di sematkan pada smartphone. Sehingga lebih mudah untuk mengindentifikasinya kevalidannya.

LANGKAH-LANGKAH : 
Siapkan dulu aplikasi E-NISN, aplikasi cetak NISN berbasis Dapodik yang memiliki ukuran kecil. Pengoperasiannyapun tidak sulit. Dapat dioperasikan di Windows 32 bit dan 64 bit dan dapat dijalan dari semua drive. Untuk mengoperasikan aplikasi E-NISN harus terhubung dengan internet.

Silakan unduh Aplikasi E-NISN dari SINI. File unduhan berupa file dengan format zip. Sehingga teman-teman harus segera mengekstraknya setelah di unduh. Hasil ekstrak akan menjadi satu folder E-NISN Card yang berisi File Aplikasi E-NISN Card.exe, qrcode.bmp dan QRCodeLib.dll.

Setelah itu unduh file excel dari progress pengiriman dapodik, langkahnya sama seperti pada E-Dapodik Card 301. Masukkan file excel tersebut menjadi satu folder dengan aplikasi E-NISN Card.

Selanjutnya jalankan Aplikasi E-NISN Card, maka akan muncul tampilan seperti di samping. Pilih file excel dengan tombol yang disediakan dan klik tombol "Baca File Excel". Untuk memilih siswa gunakan tombol "Prev" dan "Next" dan tombol "Simpan" untuk menyimpan hasilnya. 

Kartu NISN akan tersimpan dalam satu folder yang sama dengan aplikasi dengan nama file NamaPD.JPG. Untuk mencetaknya silakan gunakan Microsoft Office Word melalui fitur insert file.

MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER

QRCode yang disematkan di Kartu NISN ini dapat di scan atau di pindai dengan menggunakan Smartphone yang sudah disematkan aplikasi pemindai QRCode. Banyak aplikasi pemindai yang ditawarkan dan dapat di download dari market masing-masing. Pengguna smartphone terbanyak saat ini adalah pengguna smartphone dengan sistem operasi Android.

Nah, bagi teman-teman pemakai Android dapat menginstall Aplikasi Barcode Scanner yang dapat di download dari Play Store langsung dari perangkat smartphone. Bagi yang ingin instaler offline silakan download Aplikasi Barcode Scanner dari SINI.

Setelah Barcode Scanner terinstall di smartphone kita, silakan di jalankan dan gunakan untuk memindai QRCode yang terdapat pada Kartu NISN. Aplikasi akan membaca code dan menterjemahkan ke dalam teks yang akan muncul di layar smartphone kita.

Demikian, semoga aplikasi ini bermanfaat. Selamat Mencoba.

Post a Comment

  1. Terima kasih banyak, tak ada yang dapat diberikan sebagai balasan kebaikan selain hanya Do'a semoga Allah SWT menyerukan kepada Dunia agar memberikan segala yang dimilikinya untuk Mereka yang mau berbagi dengan sesama, dan semoga menjadi amal baik yang barokah...Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali untuk apresiasinya. Amiin... semoga bermanfaat karena berbagi itu indah...

      Delete
  2. Ok, trims buanyak, sangat bermanfaat ini. Salam satu data !

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya !!!
Silakan meninggalkan komentar, saran dan kritik yang membangun sebagai bahan evaluasi bagi saya. Jangan lupa, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Silakan copy paste artikel yang saya tulis, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.

 
Top